BAB 1
1.1
Latar
Belakang
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Di setiap
daerah mempunyai/memiliki khas tertentu dalam hal jajanan/makanan yang menjadi
ciri khas dari daerah tersebut, banyaknya jajanan pasar yang berkembang di
Indonesia menjadikan Indonesia kaya akan jajanan pasarnya. Dilihat dari
banyaknya jajanan yang ada di pasaran Indonesia dapat diketahui bahwa kebanyakan
warga negara Indonesia mengembangkan dan mempertahankan apa yang menjadi khas
dari daerahnya masing-masing sehingga ciri khas tersebut menjadikan suatu
daerah tersebut terkenal dengan ciri khas jajanan pasarnya.
Untuk mengatasi adanya permintaan dari konsemen yang ingin menikmati
varian baru dalam jajanan pasar tanpa mengubah dari ciri khas yang ada dengan mengembangkan dan mencipkan varian
baru yang memiliki rasa dan kualitas yang berbeda dari jajanan pasar akan tetapi
bahan dasarnya sama dengan jajanan pasar yang menjadi ciri khas suatu daerah
tertentu hanya memberikan varian baru yang jauh lebih modern akan tetapi tidak
meninggalkan tradisional yang ada dalam jajanan tersebut.
Para konsumen pastinya mengingikan adanya inovasi baru dalam masyarakat
yang menjadikan jajanan pasar tersebut tidak hanya monoton dari segi rasa dan
penampilan,Yang keduanya menjadikan tolak ukur untuk kepuasan para konsumen.
Dari hal ini perlu adanya apresiasi dan inovasi baru yang melahirkan suatu
produk baru yang menjadi trend dalam masyarakat masa kini.
Dari permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat dalam hal jajanan
pasar yang menjadi ciri khas bgi suatu daerah. Contohnya jajanan pasar Gettas
yang menjadi ciri khas dari Karanganyar-Pinggir papas. Tim PKM-K saya telah
membuat suatu media untuk mengembangkan inovasi tebaru yang berkembang dalam
masyarakat kini yaitu dengan memberikan suatu inovasi rasa dan penampilan
terbaru dalam jajanan pasar Gettas yang menjadi ciri khas dari Pinggir
Papas-Karanganyar dengan memberikan berbagai rasa yang ada dalam jajanan pasar
Gettas. Dengan adanya inovasi terbaru dalam jajanan pasar yaitu pada jajanan
Gettas semoga memberikan pengaruh terhadap jajanan yang ada di Indonesia supaya
lebih menarik para konsumen dengan adanya inovasi-inovasi terbaru yang
berkembang dalam masyrakat modern.
1.2
Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah di ungkapkan di atas, maka rumusan
masalah yang di angkat dalam kegiatan ini adalah :
1. Banayaknya jajanan pasar yang monoton
atau tidak menarik lagi bagi para konsumen.
2. Menciptakan inovasi baru dalam hal rasa
dan penampilan dalam jajanan pasar Gettas.
3. Kurangnya kesadaran masyarakat akan
pentingnya jajanan pasar yang menjadi ciri khas suatu daerah.
1.3
Tujuan
Program
Adapun tujuan dari pelaksanaan program ini diantaranya :
1. Memberikan inovasi baru dalam hal jajanan
pasar yang ada di Indonesia khususnya masyarakat Sumenep.
2. Mencipkan rasa dan penampilan baru dalam
jajanan pasar.
3. Memberikan pemahaman kepada masyarakat
tentang perlunya mengembangkan jajanan pasar yang jauh lebih kreatif.
1.4
Luaran
yang di harapkan
Luaran yang diharapkan dalam program kegiatan PKM –K ini antara lain :
1. Media menciptakan inovasi baru dalam
jajanan pasar dari segi rasa dan penampilan.
2. Masyarakat dapat mengetahui pentingnya
menciptakan inovasi baru agar jajanan pasar tidak terlalu monoton.
1.5
Kegunaan
Program
Kegunaan yang dapat dihasilkan dari program kegiatan PKM-K ini, antara lain :
1. Masyarakat dapat menciptakan inovasi baru
dalam hal rasa dan penampilan dari jajanan pasar yang ada.
2. Media ini memberikan pengetahuan tentang
pentingnya menciptakan inovasi baru untuk menarik para konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar